Jul 13, 2014

Yuk masuk Teknik Perkapalan ITS!


Tentunya sebagian besar pembaca dari blog saya sudah mengetahui bahwa saya adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi teknik di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang singkatnya disebut ITS. Kampus ITS bisa dikatakan salah satu kampus terluas di negeri ini, masing-masing jurusan umumnya memiliki gedung tersendiri. Beberapa diantaranya bahkan dilengkapi dengan fasilitas olahraga pribadi seperti lapangan basket dan lapangan bola. Tak hanya itu, di dalam kampus ini terdapat pula stadion yang bisa menampung puluhan ribu jiwa dengan lapangan basket dan gedung futsal indoor terpisah.

Ada berbagai pilihan jurusan yang ditawarkan salah satunya adalah Teknik Perkapalan (Naval Architecture). Ini merupakan bidang yang sedang saya tekuni pada jenjang Strata-1 (S1) saat ini. Mudah-mudahan saja saya dapat segera menyelsaikan studi ini dan melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi atau mungkin meniti karir di dunia kerja.

Jurusan Teknik Perkapalan terdiri oleh dua program studi yaitu rekayasa (design) dan produksi (ship building). Sehingga mahasiswa dapat memilih untuk fokus di bidang yang lebih minatinya. Dosen-dosen yang mengajar pun sudah memiliki pengalaman banyak di dunia perkapalan, bahkan diantaranya sudah memiliki nama besar di kancah maritim Indonesia.

Mengapa memilih Jurusan Teknik Perkapalan?
Well, ini merupakan pertanyaan yang sungguh sering saya dapat from friends or even my friend's friend. Sebetulnya saya sendiri bukanlah terlahir dari keluarga yang menggeluti dunia maritim. But then I guest this is what God has already planned for me. Ada banyak yang saya peroleh setelah masuk jurusan ini, I feel that I'm literally become someone better than past, and I met so many kind of people from many social statuses. And course, something new to study, the naval architecture. Basically I love design much, like when I was little, I drew house's layout in my free time, but then nowadays there's not only layout that I design, there also construction, welding and so on which I study here.So this like a new experience of life. 

Apa saja yang dipelajari?
Basically, jurusan ini fokus pada desain dari kapal, dimana meliputi segala aspek yang diperlukan agar sebuah kapal dapat dibangun. Memang tak bisa dipungkiri bahwa kapal adalah suatu objek which totally complicated. Aspek-aspek tersebut antara lain seperti mekanika teknik, teori dasar bangunan kapal, proses produksi dan reparasi kapal, regulasi-regulasi, konstruksi hingga welding atau pengelasan. Ya, pengelasan merupakan pengalaman yang menakjubkan dalam beberapa tahun terakhir di hidup saya. Tak pernah terbayangkan sebelumnya bagi saya untuk mencoba sendiri mengelas sebuah rak buku pada suatu pratikum mata kuliah di semester 5 lalu. Mungkin beberapa ada yang bingung mengenai perbedaan antara Jurusan Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan, well from what I shared with some friends from that marine engineering department, perbedaannya adalah jika Teknik Perkapalan fokus untuk memelajari mengenai sistem konstruksi kapal sementara Sistem Perkapalan pada piping system-nya. Untuk lebih detail mungkin bisa dilihat pada website masing-masing jurusan.

Bagaimana dengan biaya pendidikannya?
Menurut saya, biaya yang diperlukan untuk memenpuh pendidikan di ITS untuk berbagai fasilitas yang diperoleh dapat dikatakan relatif murah dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidikan di Indonesia umumnya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sometimes I feel this is so crazy, why the potential students cannot continue their study because they don't have enough money. And some others whose pay much money can study at a university even though they didn't pass the entrancement test. Sebagai bukti nyata, beberapa teman saya bahkan tidak perlu membayar uang SPP dan justru mendapat uang jajan melalui progam beasiswa Bidik Misi yang ditawarkan pemerintah. So this institute really suitable for whoever need the better education no matter they rich or not.

Info lebih lanjut mengenai seleksi masuk ITS dapat dilihat di smits.ac.id atau dapat menghubungi saya melalui email ke clurlie@gmail.com. Tentunya pertanyaan yang saya layani adalah seputar pengalaman studi di Jurusan Teknik Perkapalan, bukan mengenai seleksi masuk karena saya bukanlah staff administrasi sehingga saya pun tidak tahu bagaimana sistemnya.


Andddddd this one is so va va voooommmmm!!!!! 
I'm on Naval Architecture department ITS ad campaign for this new academic year!!!
So what are you waiting for, apply yourself to study here and get featured on the next ad campaign!!!!


xoxo,



clara

4 comments:

  1. Kal lebih luas mana bidang pekerjaannya?

    ReplyDelete
  2. jaya Terus Teknik Perkapalan ITS. Semoga semakin banyak Sarjana2 muda yang menciptakan lapangan kerja dari kampus ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. semoga banyak mahasiswinya...biar gak garinggggg

    ReplyDelete